Popular

key, Tips SEO,blogger, game, download film, video, adsense, tips, trik, internet, coc, gta

TERBUKTI... Begini Cara Puasa Mengatasi Pembengkakan Hati


Para ilmuwan di Helmholtz Zentrum München memiliki informasi baru tentang apa yang terjadi pada tingkat molekuler ketika kita lapar.

Bekerja sama dengan Deutsches Zentrum für Diabetesforschung (Pusat Penelitian Diabetes Jerman – DZD) dan Deutsches Krebsforschungszentrum (Pusat Penelitian Kanker Jerman – DKFZ) mereka mampu menunjukkan bahwa dalam kondisi kekurangan makanan, protein tertentu dihasilkan yang menyesuaikan metabolisme di hati.
Hasil penelitian ini diterbitkan dalam Open Access Journal ‘EMBO Molecular Medicine’.
Meningkatnya jumlah orang yang kelebihan berat telah lama menjadi salah satu isu mendesak di masyarakat modern. Secara khusus penyakit metabolik seperti diabetes tipe 2 dan kondisi sekunder terkait memiliki konsekuensi serius bagi kesehatan.
Asupan kalori yang dikurangi, seperti dalam rangka diet puasa, dapat membantu untuk mendorong metabolisme kembali ke bentuk semula. Mengapa hal ini terjadi?
Pertanyaan ini ingin dijawab oleh Prof. Dr. Stephan Herzig, Direktur Institut Diabetes dan Kanker (IDC) di Helmholtz Zentrum München, dan Dr. Adam J. Rose dari DKFZ di Heidelberg. “Setelah kami memahami bagaimana puasa mempengaruhi metabolisme kita, kami dapat mencoba untuk membawa efek ini untuk terapi,” ujar Herzig dikutip sciencedaily, Senin, 9 Mei 2016.
Dalam penelitian ini, para ilmuwan mencari perbedaan aktivitas genetik sel hati yang disebabkan oleh berpuasa. Peneliti menemukan bahwa gen untuk protein GADD45β sering dibaca berbeda tergantung pada diet: semakin besar rasa lapar, semakin sering sel-sel itu menghasilkan molekul GADD45β (Growth Arrest and DNA Damage-inducible).
Seperti namanya, molekul itu sebelumnya dikaitkan dengan perbaikan kerusakan pada informasi genetik dan siklus sel, dan bukan dengan biologi metabolik.
Tes simulasi selanjutnya menunjukkan bahwa GADD45β bertanggung jawab untuk mengendalikan penyerapan asam lemak di hati. Tikus yang tidak memiliki gen yang sesuai lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit hati berlemak (pembengkakan hati).
Namun ketika protein itu dipulihkan, kandungan lemak dari hati dinormalkan dan metabolisme gula juga ditingkatkan. Para ilmuwan mampu mengkonfirmasi hasilnya pada manusia: tingkat GADD45β rendah disertai dengan akumulasi lemak yang meningkat di hati dan tingkat gula darah yang tinggi.
“Stres pada sel-sel hati yang disebabkan oleh berpuasa akan merangsang produksi GADD45β, yang kemudian menyesuaikan metabolisme itu terhadap asupan makanan rendah,” ujar Herzig.
Para peneliti sekarang ingin menggunakan temuan baru itu untuk intervensi terapeutik dalam metabolisme lemak dan gula sehingga efek positif dari kekurangan makanan bisa digunakan untuk pengobatan. *SCIENCE DAILY/ERWIN Z/TEMPO
BACA JUGA;

0 Response to "TERBUKTI... Begini Cara Puasa Mengatasi Pembengkakan Hati"

Post a Comment